Senin, 18 April 2011

Trik Menghemat Biaya Pesta Pernikahan

JAKARTA, M86 - Hari pernikahan merupakan salah satu momen paling penting dalam kehidupan seseorang. Tak jarang, biaya yang dikeluarkan pun cukup besar demi sebuah pesta pernikahan impian.

Daripada menghamburkan banyak uang demi satu hari pesta, lebih baik bikin perencanaan keuangan sedemikian rupa, agar pesta yang terjadi tetap indah, namun dengan biaya tidak begitu besar. Berikut kiat menghemat biaya pesta yang dikutip dari Suite101.

Tentukan jumlah undangan

Menentukan jumlah orang yang diundang adalah hal paling pertama dilakukan. Penentuan jumlah undangan akan berpengaruh pada biaya katering dan cetak undangan, serta pembelian tanda terima kasih. Tak ada salahnya membuat daftar calon tamu supaya Anda dan pasangan bisa menentukan tamu-tamu yang wajib dan tidak wajib diundang sehingga jumlahnya bisa diminimalkan.

Katering

Tak perlu memesan seluruh jenis makanan sebanyak dua kali lipat jumlah undangan. Anda bisa memecah-mecah pesanan dengan pemikiran, belum tentu semua tamu memakan seluruh menu yang ditawarkan.

Contohnya, jika jumlah undangan 200 orang, Anda bisa memesan menu A sebanyak 200 porsi, menu B 250 porsi, menu C 275 porsi, dan seterusnya. Jika digabung, menu makanan yang Anda pesan sudah cukup untuk menjamu 400 tamu yang akan datang (dua kali lipat dari jumlah undangan yang disebar)

Foto pranikah

Banyak pasangan yang memilih melakukan foto pranikah dengan menyewa fotografer profesional. Jika ingin berhemat, Anda bisa melakukan hal yang berbeda. Misalnya membuat kolase dari koleksi foto Anda dan pasangan selama bersama. Pose-pose alami Anda bersama pasangan akan “menceritakan” kisah yang berbeda dengan hasil bidikan fotografer profesional, namun tetap unik dan menarik sebagai salah satu komponen di pesta pernikahan. Selain itu, biaya yang dikeluarkan pun jauh lebih hemat.

Memilih waktu pernikahan

Memilih waktu pernikahan juga ternyata bisa berpengaruh terhadap biaya. Pada masa-masa tertentu yang dikenal sebagai “musim nikah”, misalnya sebelum bulan Ramadan, harga sewa gedung menjadi lebih mahal. Bunga-bunga untuk dekorasi pun melonjak harganya. Untuk menyiasatinya, Anda bisa memilih waktu di luar itu, atau memilih dekorasi yang lain dan memakai sedikit bunga.

Memilih bunga-bunga lokal sebagai detail dekorasi juga bisa jadi salah satu cara menghemat biaya. Bunga lokal biasanya tumbuh sepanjang tahun, sehingga harganya jauh lebih murah.

Musik

Biasanya menyewa penyanyi dengan band lengkap menjadi pilihan banyak orang untuk menyemarakkan suasana pesta. Namun jika dihitung-hitung, biaya untuk menyewa band, alat musik serta sound system jauh lebih mahal ketimbang Anda memasang CD kumpulan lagu-lagu kesayangan. Selain itu, risiko tata suara yang mengganggu, atau alat musik yang rusak bisa dihilangkan.

Undangan

Biaya cetak undangan juga bisa dikurangi, misalnya dengan menggunakan undangan elektronik lewat dunia maya. Bikinlah daftar tamu yang bisa diundang lewat email atau jejaring sosial, dan daftar tamu yg diundang dengan kartu undangan. Jadi Anda tak perlu mencetak undangan terlalu banyak.

Selamat mencoba!

(red/*yhc)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails